9 Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

9 Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

9 Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi – Indonesia terkenal sebagai tujuan wisata Indonesia yang terkenal di dunia. Beberapa tempat wisata di Indonesia juga sudah terkenal di luar negeri. Pantainya yang indah, pegunungan yang indah, dan budayanya yang masih lestari membuat wisatawan tidak perlu lagi bosan mengunjungi Indonesia.

9 Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

traveltips24 – Tahukah Anda, dari sekian banyak tempat wisata terpopuler yang sering dikunjungi di Indonesia, beberapa di antaranya bahkan sudah mendunia! Mau tau apa ini? Datang dan jelajahi destinasi wisata Indonesia terkenal di dunia berikut ini: destinasi wisata Indonesia terpopuler di dunia.

1. Sumatera Utara (Danau Toba)

Dikutip dari tokopedia, Danau indah yang tak tertandingi ini ialah danau vulkanik paling besar di Asia Tenggara serta danau vulkanik paling besar nomer 2 di dunia setelah Danau Victoria. Seperti kita ketahui bersama, Danau Toba selalu dianggap sebagai salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia dan sering dikunjungi sejak tahun 1980-an!

Tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia ini mencakup area seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengah danau ada Pulau Samosir, hampir setara dengan Singapura. Bisa dibayangkan Toppers, betapa megahnya Danau Toba ini? Selain terluas, danau ini merupakan satu dari danau terdalam di dunia, dengan kedalaman sekitar 450 meter. Bagi yang ingin atau ingin mengunjungi top hat Sumatera Utara, sempatkan untuk mampir dan menikmati keindahan Danau Toba.

Baca juga : 5 Wisata Alam Paling Recommended di Jawa Timur

2. Bali (Nusa Penida)

Tidak dapat dipungkiri bahwa Bali terkenal dengan pemandangannya yang indah, budaya yang kental, dan pantainya yang eksotis. Nusa Penida adalah salah satu tujuan wisata di Bali paling populer di dunia saat ini. Bagi Topers yang gemar melakukan wisata pulau dan menikmati keindahan bawah laut melalui snorkeling, destinasi wisata terpopuler di Indonesia ini menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menikmati panorama pantai indah Nusa Penida dan pulau-pulau sekitarnya yang menawarkan pengalaman berbeda tentunya akan menghancurkan Toppers yang hobi fotografi.

3. Sulawesi Utara (Taman Laut Bunaken)

Tempat wisata populer di Indonesia selanjutnya adalah Taman Laut Bunaken di Teluk Manado. Bunaken merupakan salah satu tempat wisata Indonesia, karena keindahan taman bawah lautnya sulit ditemukan di negara lain, sehingga mengagumkan. Kunjungi Taman Laut Bunaken, Toppers akan menemukan indahnya kehidupan di lautan, sehingga Anda tidak bisa berhenti menonton. Di taman laut ini terdapat 13 jenis terumbu karang, terutama batu laut.

Selain itu, daya tarik yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang tingginya bisa mencapai 25-50 meter. Tak berhenti sampai disitu, mata kita akan dimanjakan oleh 91 jenis ikan. Tak heran jika Taman Laut Bunaken menjadi salah satu destinasi para wisatawan khususnya pecinta bahari. Selain itu, resort wisata Indonesia yang menjadi favorit wisatawan mancanegara ini menyediakan 20 spot diving terbaik untuk fasilitas scuba diving, memberikan kesempatan kepada penyelam untuk berenang di bawah laut dan menikmati berbagai biota laut yang menakjubkan.

4. Sulawesi Tenggara (Wakatobi)

Salah satu kayangan dasar laut terindah di bumi terletak di Indonesia, persisnya di Halaman Nasional Wakatobi. Darmawisata luar biasa ini terdapat di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Sebab keindahannya yang tidak tara, halaman nasional ini jadi salah satu tujuan darmawisata penting untuk penyelam bumi. Area Wakatobi sulawesi mempunyai 4 pulau penting, ialah Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, serta Binongko. Apabila diamati dengan cara lebih nyata, julukan Wakatobi sendiri ialah kependekan dari keempat pulau itu.

Tidak hanya 4 pulau penting itu, Wakatobi pula mempunyai pulau lain yang tidak takluk bagus. Turis bisa mendatangi Pulau Hoga, Kapota, Anano, ataupun Rundumana. Dengan besar dekat 1, 39 juta hektar, Wakatobi diresmikan selaku halaman nasional pada tahun 1996 oleh UNESCO.

Bukan keelokan coral Pulau Bali terindah pada nusantara Indonesia ini, yang bisa kamu jumpai dalam watersport bali nusa 2 saja. Tetapi Wakatobi diketahui sampai mancanegara oleh sebab keelokan dasar lautnya yang memesona. Wakatobi mulai populer sehabis Penjelajahan Wallacea pada 1995 yang mengatakan kalau area ini banyak hendak genus koral. Bayangkan saja, dari keseluruhan 850 genus koral di bumi, 750 di antara lain terletak di Wakatobi. Pasti ini ialah penemuan yang luar biasa serta membuat Wakatobi cepat menyebar kepopulerannya.

Tidak hanya itu, lebih dari 112 tipe karang dari 13 famili bisa ditemui di Wakatobi. Sedangkan itu, buat ikan di perairan Wakatobi, turis bisa menciptakan lebih dari 90 tipe ikan. Tidak hanya itu, Wakatobi pula jadi tempat dari sebagian tipe burung laut semacam Angsa- Batu Coklat, Cerek Melayu, ataupun Raja Udang Erasia. Wakatobi sulawesi pula tercantum ke dalam area“ Coral Tirangle” ataupun segitiga terumbu karang. Area yang terletak pada Coral Triangle menaruh keragaman terumbu karang serta biologi laut yang lain. Area ini mencakup Filipina, Indonesia, sampai Kepulauan Solomon.

Berpindah dari terumbu karang, turis pula bisa menciptakan pengunjung agung di Wakatobi. Pengunjung agung itu tidak lain merupakan paus mani yang menghasilkan area ini selaku halaman bermainnya. Paus mani lazim ditemui kala laut di bagian alam lain lagi memadat, dekat bulan November. Di dikala begitu, perairan Wakatobi mempunyai temperatur yang hangat alhasil sanggup mengundang paus mani buat mampir.

Wakatobi pula jadi halaman main untuk ikan pari manta yang mempunyai badan raksasa. Ikan yang khas serta istimewa ini cuma bisa ditemui di perairan tropis. Untuk penggemar pari manta, pasti Wakatobi bisa jadi opsi darmawisata yang tidak duanya. Dengan berbagai macam kekayaan dasar lautnya, Wakatobi disebut- sebut selaku salah satu kayangan buat menyelam oleh banyak penyelam dunia. Perihal ini terkategori alami mengenang area ini pula telah jadi halaman nasional. Banyak turis bumi, spesialnya para penyelam, menghasilkan Wakatobi selaku salah satu tujuan darmawisata penting mereka.

5. Nusa Tenggara Timur (Pulau Komodo)

Tempat wisata Indonesia terkenal berikutnya ialah Pulau Komodo. Pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini ialah rumah untuk ratusan Komodo, binatang endemik yang cuma terdapat di Indonesia.

Tidak hanya dapat mencermati sikap serta mempelajari lingkungan dari binatang purba ini, Pulau Komodo pula menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Salah satunya merupakan tepi laut dengan pasir bercorak merah belia yang diketahui dengan julukan“ Pink Beach“. Tepi laut semacam ini cuma ada 7 di semua bumi alhasil menjadikannya selaku salah satu tujuan darmawisata Indonesia yang mendunia.

6. Papua Barat (Kepulauan Raja Ampat)

Surga alam di Indonesia selanjutnya ialah kepulauan Raja Ampat yang ada di Papua Barat memiliki kekayaan laut lengkap di alam. Raja Ampat atau 4 Raja yakni 4 pulau baik yang yakni penghasil lukisan batu kuno. 4 pulau berarti yang dimaksud ialah Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Nama- julukan itu berasal dari dongeng lokal dari warga di dekat pulau Raja Ampat.

Keelokan dan gemilap dari poin wisata populer asal Indonesia ini mampu mengundang para wisatawan dari seluruh alam untuk datang ke ayo dan merasakan pengalaman sekaligus pemandangan alam yang tidak akan terbengkalai. Dengan zona pulau melingkupi hingga 4, 6 juta hektar tanah dan laut, kita bisa menghasilkan 540 jenis karang, 1. 511 genus ikan, serta 700 jenis moluska. Memerlukan diketahui Toppers, untuk data The Nature Conservancy and Conservation International, ada dekat 75% genus laut alam yang tinggal di pulau baik nan istimewa ini.

7. Jawa Timur (Gunung Bromo)

Bromo sudah dikenal oleh semua pengunjung dunia. Mereka tiba ke Bromo buat melihat mentari keluar. Wisatawan juga dapat memandang ke bawah ke dasar yang penuh asap, serta merasakan dinginnya udara, mungkin hanya bisa dilakukan di Bromo. Mata kita juga akan dilengkapi dengan lautan pasir yang menuju puncak Bromo. Pintu penting mengarah lautan pasir serta gunung Bromo merupakan lewat Cemorolawang.

Ini merupakan area kunjungan yang paling ramai, terutama pada hari libur. Ada banyak macam kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini seperti; Berkemah, saksikan pemandangan, berkuda ke lautan pasir atau berjalan kaki. Untuk sampai ke puncak Bromo dengan kawahnya yang sebagian besar terbuka, dimana semburan asap keluar dari acara. Gunung Bromo telah dihuni oleh masyarakat Tengger selama kurang lebih Ribuan tahun. Mereka yang adalah pengikut Tuhan yang baik dan selalu melakukan adat istiadatnya dengan tegas, memiliki sejarah hubungan dengan Majapahit.

Para Antropolog dari negara kita atau negara lain ini menarik untuk diteliti, karena orang Tengger sangat teguh menjaga adat selama berabad-abad, tanpa didukung oleh perubahan dunia.. Upacara dipimpin oleh seseorang yang memiliki kekuatan gaib untuk berkomunikasi dengan benda-benda yang sakti (roh halus) yang disebut ‘Dukun’.

Namun nenek moyang orang Tengger adalah pasangan suami istri bernama Rara Anteng (Teng) dan Jaka Seger (Ger). Gabungan kedua suku kata itu kemudian disingkat menjadi Tengger. Mereka tidak memiliki anak selama beberapa tahun, kemudian mereka memutuskan untuk bermeditasi. Mereka berdoa kepada Tuhan agar dia mengabulkan keinginan mereka.

Suatu saat ada sebuah suara yang misterius mengatakan: bahwa suatu saat Sang Hyang Widhi (Tuhan) ingin memberikan mereka anak, salah satunya harus berkorban ke Kawah Bromo (Gunung Bromo).
Beberapa hari kemudian, Rara Anteng melahirkan putra yang diberi nama Tumenggung Klewung, kemudian diikuti oleh anak-anak lainnya dan mereka memiliki 25 orang anak. Pertama, mereka tidak ingin salah satu anak mereka, tetapi mereka mendapat tanda dari Bromo bahwa mereka harus menepati janji.

Akhirnya anak terakhir mereka yang bernama Raden Kusuma harus dibawa ke Kawah Bromo sebagai syarat untuk Dewata Sang Hyang Agung (Dewa). Selanjutnya, suara misterius dari Raden Kusuma memberikan perintah untuk memberikan setengah dari hasil panen untuk dikirim ke Raden Kusuma di Kawah Bromo setiap bulan purnama pada tanggal 14 bulan Kasada.

Oleh karena itu, setiap bulan purnama pada tanggal 14 Bulan Kasada, masyarakat mengirimkan berbagai macam hasil panen Raden Kusuma di Gunung Bromo. Upacara yang dinamakan “Yadnya Kasada” itu menjadi sebuah tradisi (adat) yang diadakan untuk melihat.

8. Sulawesi Selatan (Tana Toraja)

Tana Toraja ialah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang mempunyai bermacam berbagai subjek darmawisata yang luar biasa. Darmawisata alam yang eksentrik ataupun kedamaian budayanya hendak membuat turis berdecak heran. Tana Toraja bisa ditempuh lewat rute bumi ataupun hawa. Rute bumi umumnya hendak menyantap durasi 8 hingga 9 jam. Sedangkan, bila lewat rute hawa mungkin cuma menyantap durasi satu jam saja.

Sesampainya di Tana Toraja, turis hendak dihadapkan dengan bermacam berbagai opsi darmawisata. Selanjutnya merupakan saran darmawisata yang harus masuk shortlist darmawisata Tana Toraja. Apabila terpikat dengan darmawisata di ketinggian, Kamu dapat mendatangi Pango- pango Makale yang tercantum ke dalam agrowisata. Terdapat di perbukitan, panorama alam alam di tempat ini sedemikian itu bagus. Belum lagi atmosfer yang adem hendak mendinginkan batin.

Perihal ini memanglah jadi karakteristik khas buat darmawisata yang terletak di perbukitan. Tidak salah apabila tempat darmawisata ini kerap diucap selaku negara di atas awan. Turis bisa menikmati indahnya pepohonan yang berhamburan, pula hijaunya belukar semak yang membentang. Menikmati pemandangan busut serta gunung pula bisa dicoba dari mari. Tidak hanya itu, memandang Kota Makale dari tempat ini hendak jadi perihal yang luar biasa untuk aktivitas darmawisata Kamu.

Tidak hanya Pango- pango Makale, Kamu pula hendak dihadapkan dengan negara di atas awan yang lain, ialah Totombi. Subjek darmawisata ini terletak di Desa Ceduk, Dusun Baluarti Mulu, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Bayaran masuk ke tempat ini cuma 15 ribu saja. Turis bisa menikmati pemandangan sunset ataupun sunrise yang memesona. Menikmati negara di atas awan pasti wajib mempersiapkan jaket yang tebal supaya bisa menahan hawa dingin.

Baca juga : Destinasi Wisata Saat Musim Gugur Di Jepang Yang Romantis

9. Jawa Timur (Kawah Ijen)

Dari Banyuwangi, ada pesona kawah Ijen yang baru- baru ini mulai populer hingga ke mancanegara. Salah satu energi pikatnya merupakan blue fire ataupun pesona api biru yang menyala dari kawah Gunung Ijen. Di bumi, kejadian blue fire cuma bisa ditemui di 2 tempat ialah di Islandia serta di Indonesia.

Gimana besar hati kan selaku Indonesia? Sedang banyak lagi tempat lain di Indonesia yang akan untuk kalian kian jatuh cinta dengan Indonesia. Kewajiban kita menjaga serta mencegah tanah air kita, untuk peninggalan buat anak cucu kita nanti. Selaku masyarakat Indonesia, kita mestinya dapat menjaga kekayaan alam Indonesia mulai dari perihal– perihal kecil nih Toppers. Ayo, mulai hargai kekayaan darmawisata Indonesia dengan mendatangi objek- objek darmawisata Nusantara yang terkenal di mancanegara itu.

Wisata Domestik